Deskripsi Gambar

PARA PEMENANG DUTA PEPELINGASIH KALSEL 2023 SIAP LANJUTKAN ESTAFET MENJAGA LINGKUNGAN


Banjarmasin,. Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Selatan (Dispora Kalsel) selalu memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas bagi pemuda di Kalimantan Selatan. Salah satunya melalui program Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih). Seleksi Duta Pepelingasih Kalimantan Selatan pun telah dilaksanakan pada 17-20 Maret 2023 kemarin di Banjarmasin. Total ada 39 peserta perwakilan Kabupaten/ kota se Kalimantan Selatan. Dimana masing-masing Kabupaten/ kota di wakili 3 delegasi terbaiknya.

Setelah melewati serangkaian kompetisi dengan penilaian yang ketat, akhirnya di temukan tiga pemenang yaitu juara pertama di raih oleh Ahmad Jaini dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, juara 2 di raih oleh Lyanta Laras Putri dari Kabupaten Tabalong dan juara 3 juga diraih Kabupaten Hulu Sungai Selatan atas nama Refqa.

Ahmad Jaini, ketika di hubungi melalui media chat pada (21/03) mengatakan bahwa setelah menjadi juara 1 Duta Pepelingasih Kalsel maka akan fokus melakukan kegiatan-kegiatan lingkungan.

"Tentu saya akan bergerak melalui aksi nyata dan melalui sosial media untuk melakukan sebuah pendekatan. Sesuai dengan visi saya yaitu menghasilkan generasi muda yang bisa menjadi role model atau pelopor kebersihan lingkungan yang asri dan indah, yang meliputi aspek keagamaan, sosial, budaya, ekonomi, dan Iptek. Katanya.

Pemuda kelahiran tahun 2003 ini juga menambahkan bahwa dalam menjalankan aksinya tersebut tentu harus menjalin kerjasama dengan beberapa instansi terkait.

"Tentu saya akan menyuarakan isu lingkungan serta memberikan solusinya dan selalu mengajak stackholder dan organisasi manapun untuk selalu aktif dan giat melakukan aksi nyata untuk kebersihan dan kelestarian lingkungan". Tutupnya.

Hal senada juga dituturkan oleh Lyanta Laras Putri, juara 2 Duta Pepelingasih Kalsel 2023. Lyanta mengatakan akan melanjutkan program lingkungan yang telah dilaksanakan dan menjalin kerjasama dengan kawan-kawan dari Duta Pepelingasih se Kalimantan Selatan.

"Program yang kerjakan adalah melanjutkan program yang telah saya kerjakan dan mensinergikannya dengan kawan-kawan Pepelingasih. Seperti program Eco Literacy Camp 5 yang insya Allah di laksanakan bulan juni nanti" Ujar Mahasiswi STIT Syekh Muhammad Nafis Tabalong ini.

Adapun juara 3 Duta Pepelingasih Kalsel 2023, Refqa. Ia berharap para pemuda di Kalimantan Selatan lebih sadar akan peduli dan menjaga lingkungan sekitarnya.

"Untuk Pemuda di luar sana mari kita sadari bahwa keberlangsungan hidup bangsa kedepannya dan terciptanya lingkungan asri dan bersih itu ada ditangan kita. Pemuda sebagai aset potensial dari agen perubahan juga sebagai estafet pergerakan. Oleh karena itu, mari kita sama-sama bangun kesadaran dengan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dan konsisten menggunakan tumbler minum, tas ramah lingkungan seperti tas purun, memanfaatkan sampah, dan limbah yang dapat didaur ulang kembali menjadi produk yang bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup". Tuturnya.

Penulis : Rian
Bidang : Internal & PSDM Pepelingasih Kalsel

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama