Deskripsi Gambar

PEPELINGASIH HST GANDENG ORGANISASI KEPEMUDAAN DI HST





Saat ini sedang terjadi pemanasan global dan perubahan iklim yang cukup ekstrim. Pola iklim mengalami perubahan akibat kenaikan suhu permukaan bumi. Sebagai generasi muda Indonesia kita harus bisa melestarikan lingkungan dan harus bisa mengajak seluruh warga Indonesia peduli terhadap lingkungan, seperti dengan mencegah adanya penebangan pohon secara ilegal. Adanya illegal 

logging dapat merusak ekosistem di dalamnya, bahkan dengan adanya illegal logging satwa yang ada di dalam hutan akan punah, selain itu juga satwa liar pun akan mencari tempat perlindungan ke luar hutan demi menyelamatkan hidupnya. 

Apabila itu sudah terjadi maka yang akan menanggung akibatnya adalah manusia itu sendiri. Alam akan rusak karena ulah tangan-tangan manusia yang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu kita harus mulai menanamkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan sejak dini. 

Pepelingasih Kabupaten Hulu Sungai Tengah melakukan kegiatan #AksiMudaJagaIklim. Kegiatan ini melibatkan  Organisasi kepemudaan yang ada di Hulu Sungai Tengah terdiri dari Barabai Muda, Himpunan Mahasiswa Islam, Orpala Garimbas, Duta Budaya Nanang-Galuh, Putra-Putri Pariwisata, KNPI, Tim Ratikita.id yang pada hari ini total peserta ada 40 orang. 

Kegiatan #AksiMudaJagaIklim ini dilaksanakan di Hutan Kota Barabai yang berada di Tangkarau, HST. Adapun alur kegiatan ini dilangsungkan dengan melaksanakan pengarahan terlebih dahulu dimana per orang dapat menanam 2 sampai 3 bibit pohon dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk bumi, sebelumnya peserta di himbau untuk membawa botol minum dari rumah untuk meminimalisir sampah dan membawa peralatan sebagai penunjang menanam seperti sekop, cangkul dan parang sehingga tidak hanya menanam tetapi juga mendapat nilai sehat (berkeringat, red).

Kegiatan ini di mulai dari jam 08.30 Wita sampai dengan jam 11.00 Wita siang pada Sabtu, 29 Oktober 2022 dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. 

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan dan semangat gotong royong dengan cara menjadi sukarelawan untuk menanam pohon tanaman yang di tanam dapat berperan sebagai penyangga ekosistem dan sebagai  suplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.

Kegiatan ini juga sebagai momentum untuk menunjukkan komitmen para pemuda dalam menjaga lingkungan terlebih setelah aksi penolakan tambang ilegal dengan menggaungkan #SaveMeratus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama