Deskripsi Gambar

PEPELINGASIH HST AJAK KOLABORASI MAHASISWA KKN UIN ANTASARI DALAM SOSIALISASI PENANGANAN SAMPAH

Barabai,. Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pepelingasih HST) berkolaborasi dengan mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin melaksanakan Sosialisasi Penanganan dan pengelolaan Sampah di Desa Maringgit pada tanggal 25 April 2022.

Kegiatan kolaborasi ini merupakan bentuk keresahan mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin ketika tinggal di Lingkungan Desa Maringgit, Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah begitu kiranya yang disampaikan Siti Zahro perwakilan dari Mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin ketika menyampaikan ide kegiatan tersebut dengan Pepelingasih HST.

Hal ini juga sejalan dengan Program Kerja Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih Kabupaten Hulu Sungai Tengah yaitu GTV (Pepelingasih HST Goes to Village) yang rencananya dilaksanakan di 11 Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Ketua Umum Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Windri, sangat bersyukur dengan adanya kerjasama ini, karenanya ini merupakan langkah awal pelaksanaan GTV.

Harapannya, kegiatan sosialisasi ini dapat memantik masyarakat di desa Maringgit untuk mengelola sampah dengan baik dan bijak. Respon positif juga disampaikan oleh Ibu Ani Zuraida, S,KM., M.Kes, Sekcam Kecamatan Batang Alai Utara beliau berharap kegiatan sosialisasi ini dapat dilaksanakan secara menyeluruh dan konsisten, karena ini merupakan hal yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia itu sendiri, bukan hanya masalah sampah tapi juga terkait pembukaan lahan dengan cara yang dibakar yang dapat menimbulkan ISPA tentu juga menjadi masalah yang perlu diselesaikan bahkan dihentikan.

Kepala Desa Maringgit juga memaparkan, bahwasanya beliau dan aparat sudah menganggarkan terkait pengelolaan sampah berupa kendaraan alat angkut dan tong sampah namun yang masih belum adalah gotong royong masyarakat itu sendiri. Semoga masyarakat bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Adapun materi sosialisasi diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kab. HST dan Bank Sampah Urban Dewan berserta tim Ratikita.id, pemateri berbagi pengalaman yang luar biasa dan tentunya kompeten dibidang persampahan.

Windri dan Siti Zahro tak lupa mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada pihak yang memberikan dukungan baik moriil maupun materil. Semoga masyarakat bisa bergerak untuk peduli terhadap lingkungan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama