Deskripsi Gambar

PEPELINGASIH HST LAKUKAN PEMBEKALAN UNTUK SAMBUT SELEKSI TINGKAT PROVINSI


 

Barabai,. Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) DPC kabupaten Hulu Sungai Tengah mengadakan pembekalan anggota pada Sabtu, 26 Februari 2022

Pembekalan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Penerimaan Anggota Baru yang dimulai sejak Desember 2021 lalu, Kegiatan Pembekalan ini bertema "Menciptakan Pemuda Hulu Sungai Tengah yang aktif, kontributif dan berwawasan untuk kelestarian lingkungan".

Pembekalan ini juga dilaksanakan untuk menyeleksi peserta yang akan dikirimkan mewakili Kabupaten Hulu Sungai Tengah di ajang Pemilihan Duta Pepelingasih di tingkat Provinsi pada maret mendatang. Pembekalan ini di isi langsung oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) serta Bank Sampah Urban Dewan.

Bapak Badaruddin, M.Pd. (Disporapar) berpesan pada pemuda boleh saja idealis, asal jangan di idealiskan oleh orang atau oknum tertentu, harus memberdayakan dirinya ke arah positif, membangun mental yang berdasarkan pancasila, tak lupa pula pemaknaan akan #SaveMeratus yang hingga kini nampak memudar di kalangan pemuda itu sendiri, bahwasanya kita harus selalu menggaungkan #SaveMeratus tidak hanya dengan ucapan akan tetapi juga dengan tindakan nyata.

Bapak Ahmad Syafaat, ST juga banyak memberikan hal yang dapat pemuda lakukan untuk melestarikan lingkungan mulai dari hal yang sederhana, dari diri sendiri hingga merambah ke lingkungan yang lebih luas. Pemuda harus terus membudayakan kepeduliannya terhadap lingkungan, beliau juga mengapresiasi terhadap konsep acara  yang mewajibkan peserta membawa botol minum (tumbler) sebagai upaya mengurangi sampah.
Turut hadir juga, Ketua Umum KNPI HST yang membersamai kegiatan dari pagi, beliau juga berpesan agar pemuda tidak melupakan kehidupan sosial disamping kepedulian lingkungan. Pemuda jangan sampai anti sosial dengan lingkungan disekitarnya.
Akhirnya, materi yang diberikan Bank Sampah Urban Dewan untuk memantik pemuda agar jangan memperpedulikan pandangan remeh orang ketika apa yang kita kerjakan belum membuahkan hasil, karena pada awalnya Bank Sampah Urban Dewan berawal dari hal yang dipandang remeh yaitu pengelolaan sampah. Jangan malu untuk memulai dari hal yang terkecil, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Tentu saja kunci utamanya adalah KONSISTEN.

Diakhir kesempatan, Ketua Umum Pepelingasih HST, Windri Nathan Firdaus, mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya untuk para pemateri yang sudah memberikan banyak bekal untuk kepengurusan kedepannya, juga kepada para peserta yang sudah mau mengambil peran di Pepelingasih HST, ucapan terimakasih juga disampaikan untuk Bank Kalsel dan BAZNAS HST yang memberikan dukungan untuk kegiatan tersebut, permohonan maaf juga disampaikan oleh pemuda berusia 21 tahun tersebut atas segala kekhilafan dalam pelaksanaan acara serta belum dapat optimal bergerak untuk melakukan Aksi Lingkungan. Windri juga berharap agar peserta pembekalan dapat aktif berkontribusi baik di Pepelingasih maupun untuk daerah. "Jangan katakan kalau mereka bisa, kenapa harus kita, tetapi katakan kalau mereka bisa, kenapa kita tidak?". tutupnya.

Adapun perwakilan peserta Kabupaten Hulu Sungai Tengah yakni Nur Azzumar Al Azra dan Noor Astia Maharani.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama